Skip to main content

Penyebab Jerawat Papula dan Cara Mengatasinya

Penyebab Jerawat Papula dan Cara Mengatasinya
Hampir semua orang pernah mengalami masalah kulit yang dinamakan jerawat, timbulnya jerawat bisa diakibatkan oleh penyumbatan kotoran pada pori-pori kulit sehingga terjadi peradangan bahkan infeksi pada kulit. Ada banyak macam jenis jerawat salah satunya adalah jerawat papula.

Meskipun nama jerawat papula tampak asing, tapi tidak menimbulkan dampak yang serius untuk kesehatan kulit. Karena jerawat Ini masih bisa kita atasi dengan obat-obatan yang sederhana atau menggunakan obat jerawat di apotek pada umumnya.

Akan tetapi keberadaannya dapat mengganggu penampilan bahkan bisa mengurangi rasa percaya diri bagi orang yang memiliki jerawat ini.

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang jerawat papula dan bagaimana cara untuk mengobatinya. silakan simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu jerawat papula? 

Jerawat papula merupakan jerawat yang memiliki bentuk benjolan padat dengan warna kemerahan. Kadang saat disentuh terasa nyeri namun pada ujungnya tidak mengandung nanah.

Apa Penyebab Jerawat Papula Muncul?
Ketika seseorang memiliki jerawat Blackhead atau whitehead tapi tidak ditangani secara serius, maka dampaknya bisa membuat kulit menjadi iritasi.

Nah kerusakan kulit karena iritasi inilah yang menjadi penyebab jerawat papula muncul.

Anda wajib untuk mengetahui fakta bahwa jerawat papula atau juga bisa disebut jerawat inflamasi bisa menyebabkan dampak yang berbahaya bagi kesehatan kulit jika tidak ditangani secara serius.

Jika anda Abai atau tidak menangani jerawat papula dengan serius, maka akibatnya jerawat papula akan berubah menjadi jerawat pustula yang di mana jerawat ini mengandung nanah pada pucuknya.

Lalu Bagaimana cara mengatasi jerawat papula?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika jerawat papula masih bisa kita obati dengan pengobatan sederhana.

Cara sederhana mungkin tidak instan Untuk bisa menghilangkan jerawat papula, namun efektifitasnya untuk mengurangi jerawat papula cukup baik. Berikut cara sederhana yang efektif untuk menghilangkan jerawat papula.

1.Rajin Membersihkan Wajah

Rajin membersihkan wajah dua kali dalam sehari, untuk menghindari kuman yang tersumbat pada pori-pori kulit. namun jangan sampai Anda terlalu sering mencuci muka, sebab hal itu dapat memperparah kondisi jerawat papula.

Terlalu sering mencuci wajah bisa menyebabkan kulit kering, sehingga lebih mudah untuk terjadi iritasi kulit.

Jika hal ini terjadi maka kemungkinan jerawat papula akan semakin bertambah banyak dan tidak berkurang sama sekali.

Cukup lakukan cuci wajah dua kali sehari yaitu pagi dan malam hari ketika anda ingin tidur. hal ini sangat dianjurkan sebab pada malam hari kuman cukup reaktif di kulit wajah.

2. Jangan dulu menggunakan make up

Sejatinya jerawat papula akan semakin sulit disembuhkan, jika tidak ada udara masuk ke pori pori kulit.  Maka dari itu penggunaan make up yang terlalu tebal bisa menyebabkan kuman mengendap dalam pori-pori kulit sehingga jerawat papulaaa sulit untuk berkurang.

Jika kedua cara diatas belum efektif untuk mengurangi jerawat Papula pada wajah anda juga bisa menggunakan obat-obat kimia yang dijual di Apotek.

3.Obat jerawat papula di apotek

Untuk mengobati jerawat jenis papula Anda bisa menggunakan obat yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat.

Kedua kandungan tersebut dinilai efektif untuk menghambat pertumbuhan jerawat. Benzoil peroksida bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri sehingga bisa mencegah terjadinya peradangan pada kulit wajah.

Sedangkan asam salisilat bekerja dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kotoran dan kuman yang menumpuk pada pori-pori kulit mudah terangkat.

Kesimpulan cerita Wattpad pula merupakan jerawat yang terjadi karena peradangan pada kulit wajah agar jerawat papula pada wajah anda lebih cepat sembuh sebaiknya konsultasikan permasalahan anda dengan dokter kulit yang lebih kompeten.

Sebab penggunaan obat-obatan yang tidak cocok dengan jenis kulit anda, justru akan memperparah keberadaan jerawat papula di wajah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
-->